SILABUS

Download file

Nama Sekolah : SMAN I Pangandaran
Mata pelajaran : Ekonomi
Kelas / program : I / Inti
Semester : 1
Alokasi waktu : 10 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia , kelangkaan, dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alok
Waktu Sumber/Bahan/Alat Karakter bangsa

1.1 Mendeskripskan kebutuhan manusia.

1. Kebutuhan manu sia :
a. Jenis-jenis kebutuhan
b. Barang dan alat
pemuas kebutuhan
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru Menjelaskanlaskan pengertian kebutuhan.
• Guru Menyebutkan macam-macam kebutuhan manusia.
• Siswa Mengindentifikasi kebutuhan masyarakat khususnya di Pesisir Pantai Pangandaran

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur ( PT )
* Jelaskan tentang barang sebagai alat pemuas kebutuhan menurut proses produksi 1. Menjelaskanlaskan pengertian kebutuhan.
2. Menyebutkan macam-macam kebutuhan manusia.
3. Mengindentifikasi kebutuhan masyarakat khususnya di Pesisir Pantai Pangandaran
Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat

2×45 menit

• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
Buku lainnya yang relevan Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras , kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunika tif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
1.2 Mendeskripsi kan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

2. Kelangkaan
a. Kelangkaan sumber daya Ekonomi
b. Kelangkaan barang dan jasa
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
o Guru menjelaskan pengertian kelangkaan
o Guru menerangkan faktor-faktor penyebab kelangkaan
o Siswa mengemukakan sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak, khususnya di pesisir pantai Pangandaran.
o Siswa mempersoalkan dalam menyikapi berbagai pilihan.

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur (PT)
* Kerjakan Soal Latihan Evaluasi Siswa ( LES ) mengenai bag. Sumber ekonomi yang langka 1. Menjelaskan pengertian kelangkaan
2. Menerangkan faktor-faktor penyebab kelangkaan
3. Mengemukakan sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak, khususnya di pesisir pantai Pangandaran.
4. Mempersoalkan dalam menyikapi berbagai pilihan.
Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat

2×45 menit

• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
Buku lainnya yang relevan
1.3 Mengidentifi kasi masalah pokok Ekonomi, yaitu tentang apa, bagai mana dan untuk siapa barang di produksi
2. Masalah pokok
ekonomi
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru menyebutkan masalah pokok ekonomi
• Guru mengidentifikasi barang apa yang akan diproduksi,
• Siswa mengidentifikasi bagaimana cara memproduksi
• Siswa mengidentifikasi untuk siapa barang di produksi Pada umumnya, dan khususnya di pesisir pantai Pangandaran

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”) 1. Menyebutkan masalah pokok ekonomi
2. Mengidentifikasi barang apa yang akan diproduksi,
3. Mengidentifikasi bagaimana cara memproduksi
4. Mengidentifikasi untuk siapa barang di produksi Pada umumnya, dan khususnya di pesisir pantai Pangandaran.

Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat

2×45 menit

• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
Buku lainnya yang relevan
1.4 Mengindentifi kasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan pro duksi di bidang lainnya.
4. Biaya Kesempatan (opportunity Cost )
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskann pe ngertian biaya peluang.
• Guru memberi contoh biaya peluang pda kesempatan kerja bila melakukan pro duksi dibidang lainnya.
• Siswa memberi contoh biaya peluangdi bidang produksi
Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Terukur / PT.
* Berikan contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari tentang opportunity cost . 1. Menjelaskann pe ngertian biaya peluang.
2. Memberi contoh biaya peluang pda kesempatan kerja bila melakukan pro duksi dibidang lainnya.
3. Memberi contoh biaya peluangdi bidang produksi

Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawabansingkat

2×45 menit

• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
Buku lainnya yang relevan
1.5. Mengindentifi kasi Sistem ekonomi untuk m eme cahkan masalah ekonomi 5. Sistem ekonomi
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)
Kegiatan Inti
 Guru menjelaskanpengerti an sistem ekonomi.
 Guru mengindentifikasi macam-macam sistem ekonomi
 Siswa menyebutkan cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut
Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Tugas Mandiri Tidak Berstruktur ( KMTT )

* Buat Kliping tentang sistem perekonomian yang dianut oleh negara-negara yang ada didunia

1. Menjelaskan pengertian sistem ekonomi.
2. Mengindentifikasi macam-macam sistem ekonomi
3. Menyebutkan cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut
Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat

2×45 menit

• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
Buku lainnya yang relevan

SILABUS
Nama sekolah : SMAN I Pangandaran
Mata pelajaran : Ekonomi
Kelas / program : I / Inti
Semester : 1
Alokasi waktu : 8 x 45 menit
Standar kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alok
Waktu Sumber/Bahan/Alat KARAKTER BANGSA

2.1 mendeskrip sikan pola prilaku
konsumen dan
produsen dalam
kegiatan ekonomi
1. Prilaku konsumen
dan prilaku produ
sen dalam kegi
atan ekonomi
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru menerangkan perilaku konsumen dan produsen.
• Guru menggambarkan teori perilaku konsumen ( table dan grafik ).
• Siswa menggambarka teori perilaku produsen ( table dan graf ik ).
• Siswa menentukan diagram interaksi pelaku ekonomi ( Circular Flow Diagram).

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Tugas Mandiri Tidak
Berstruktur ( KMTT)
* Buat Piper mengenai Prilaku konsumen dalam kegiatanekonomi a. 1. Menerangkan perilaku konsumen dan produsen.
2. Menggambarkan teori perilaku konsumen ( hukum Gossen)
3. Menggambarka teori perilaku produsen ( table dan graf ik ).
4. Menentukan diagram interaksi pelaku ekonomi ( Circular Flow Diagram).
Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
Buku lainnya yang relevan Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras , kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunika tif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
2.2 mendeskrip sikan circular flow diagram
3. Diagram interaksi
pelaku ekonomi
(circular flow
diagram).
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mengindentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
• Guru membuat cirkular flow model dua sektor
• Siswa membuat cirkular flow model tiga sector

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Terukur / PT.
Buatlah gambar circular flow model tiga sektor Mengindentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
2. Membuat cirkular flow model dua sektor
3. Membuat cirkular flow model tiga sektor
Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawabansingkat
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
Buku lainnya yang relevan
2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen.
4. Peran konsumen
dan peran produ-
sen dalam pereko
nomian:
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
o Guru menggambarkan
peran pelaku ekonomi ( RTK, RTP,RTG, dan RTLN
o Guru memberi contoh peran pelaku ekonomi ( RTK, RTP,RTG, dan RTLN).
o Siswa menggambarkan peran pelaku ekonomi khususnya di Pesisir Pantai Pangandaran

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur (PT)
* Kerjakan Latihan Soal Evaluasi ( LES ) tentang peran konsumen dan produsen
1. Menggambarkan
2. peran pelaku ekonomi ( RTK, RTP,RTG, dan RTLN
3. 2. Memberi contoh peran pelaku ekonomi ( RTK, RTP,RTG, dan RTLN).
3. Menggambarkan peran pelaku ekonomi khususnya di Pesisir Pantai Pangandaran Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45 menit • Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
Buku lainnya yang relevan

Nama Sekolah : SMAN I Pangandaran
Mata pelajaran : Ekonomi
Kelas / program : I / Inti
Semester : 1
Alokasi waktu : 10 x 45 menit
Standar kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran harga
keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alok
Waktu Sumber/Bahan/Alat KARAKTER BANGSA

3.1 Mengindentifi kasi faktor-faktor yang mempenga
ruhi permintaan
dan penawaran 1. Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
a. Permintaan
b.Penawaran
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mendeskripsikan pengertian peremintaan dan penawaran.
• Guru mendeskripsikan faktor-faktor ya- ngmempengaruhi peremintaan dan penawaran terhadap barang
• Siswa menggambar kurva permintaan dan penawaran.

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur (PT)
* Jelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran 1. Mendeskripsikan pengertian peremintaan dan penawaran.
2. Mendeskripsikan faktor-faktor ya- ngmempengaruhi peremintaan dan penawaran terhadap barang
3. Menggambar kurva permintaan dan penawaran.

Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit

• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras , kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunika tif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
3.2 Menjelaskan huk um permintaan
dan hukum pena waran serta asumsi yang mendasarinya.
2. Hukum permintaan
dan penawaran
3. Biaya dan penerimaan
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mendeskripsikan hukum permintaan dan hukum pena -waran serta asumsi-asumsinya.
• Guru memberikan contoh penerapan hukum permintaan dan enawaran dalam kehidupan di masyarakat.
• Guru mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas.
• Siswa menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan table ,,grafik, dan matematis.
• Guru mendeskripsikan pengertian biaya produksi dan fungsi biaya produksi de ngan menggunakan table, kurva, dan matematis.
• Siswa mendeskripsikan pengertian peneri maan, /revenue dan fungsi penerimaan /revenue dengan menggunakan table, kurva, dan matematis.

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
.Mendeskripsikan hukum permintaan dan hukum pena -waran serta asumsi-asumsinya.
5. Memberikan contoh penerapan hukum permintaan dan enawaran dalam kehidupan di masyarakat.
6. Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas.
7. Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan
table ,grafik, dan
matematis.
8. Mendeskripsikan pengertian biaya produksi dan fungsi biaya produksi de ngan menggunakan table, kurva, dan matematis.
9. Mendeskripsikan pengertian peneri maan, /revenue dan fungsi penerimaan /revenue dengan menggunakan table, kurva, dan matematis.

Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit

2×45
Menit

• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.

3.3 Mendeskrip sikan pengertian harga dan jumlah kese
imbangan.
4. Keseimbangan pasar:
a. Pengertian harga
keseim bangan.
b. Pembentukan harga keseim
bangan.
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mendeskripsikan pengertian harga
• Guru menjelaskan Proses terbentuk nya harga dan output keseimba ngan dan menggam barkannya
• Siswa menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur (PT)
*Buat kurva tentang pembentukan harga keseimbangan 1. Fungsi permintaan dan penawaran dan kurvanya
2. Mendeskripsikan
pengertian harga
3. Menjelaskan Proses terbentuk nya harga dan output keseimba ngan dan menggam barkan kurvanya
4. Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan.

Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit

• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alok
Waktu Sumber/Bahan/Alat KARAKTER BANGSA

3. 4 Mendeskrip sikan berbagai bentuk pasar barang
1. Jenis-jenis pasar
2. Struktur pasar
3. Pasar komoditas:
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
 Guru mendeskripsikan jenis-jenis pasar.
• Guru mendeskripsikan struktur / bentuk pasar barang.
• Siswa mendeskripsikan pasar barang / komoditas.

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Terukur / PT
Jelaskan apa perbedaan antara pasar persaingan sempurna dengan persaingan tidak sempurna
1. 1. Mendeskripsikan jenis-jenis pasar.
2. Mendeskripsikan
struktur / bentuk
pasar barang.
3. Mendeskripsikan
pasar barang / komo-
ditas.

Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras , kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunika tif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
3. 5 Mendeskripsi kan pasar input.

1. Pasar input / pasar faktor produksi :
• Pasar tenaga kerja
• Pasar modal
• Sumber daya alam Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mendeakripsikanpasar input/ pasarfaktor produksi.
• Guru mendeskripsikan Faktor produksi asli
• Siswa mendeskripsikanFaktor produksi turunan
• Siswa memberi contoh pasar input

Kegiatan Akhir ( Penutup)
3. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
4. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)

Tugas Mandiri Tidak
Berstruktur ( KMTT)
*Buat Piper mengenai penggunaan sumber daya manusia sebagai modal dasar pembangunan ekonomi di pesisir pantai Pangandaran. 1. Mendeakripsikan
pasar input/ pasar
faktor produksi.
2. Mendeakripsikan faktor produksi asli
3. Mendeakripsikan faktor produksi turunan
4. Memberi contoh
pasar input
Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit

2×45
Menit
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.

SILABUS
Nama Sekolah : SMAN I Pangandaran
Mata pelajaran : Ekonomi
Kelas / program : I / Inti
Semester : 2
Alokasi waktu : 8×45 menit
Standar kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alok
Waktu Sumber/Bahan/Alat KARAKTER BANGSA

4.1 Mendeskrip sikan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro.

1. Perbedaan antara
ekonomi makro
dan ekonomi
mikro:
• a. Teori ekonomi
• mikro
• b. Teori konomi
• makro.
2. Peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi: Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mendeskripsikan pengertian ekonomimikro dan ekonomimakro.
• Guru mendeskripsikan perbedaan ekonomimikro dan ekonomi makro.
• Siswa memberi contoh dimasyarakat tentang ekonomi mikro ( misal usaha indu stri kecil ) dan eko nomi makro ( infl asi, pendapatan na sional ).

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur (PT)
Jelaskan tentang
Teori ekonomi yang dikemukakan oleh Gossen
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mendeskripsikan peran dan fungsi pemerintah dibidang ekonomi.
• Guru mengindentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah dibidang ekonomi
• Siswa memberi contoh pemecahan masalah yang dihadapi pemerintah dibidang ekonomi

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)

Penugasan Berstruktur (PT)
Jelaskan masalah yang dihadapai pemerintah dalam ekonomi mikro
1. Mendeskripsikan
pengertian ekonomi
mikro dan ekonomi
makro.
2. Mendeskripsikan
perbedaan ekonomi
mikro dan ekonomi
makro.
3. memberi contoh
dimasyarakat tent
ang ekonomi mikro
( misal usaha indu
stri kecil ) dan eko
nomi makro ( infl
asi, pendapatan na
sional ).

1. Mendeskripsikan
peran dan fungsi
pemerintah dibi
dang ekonomi.
2. Mengindentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah dibidang ekonomi
3. Memberi contoh pemecahan masalah yang dihadapi pemerintah dibidang ekonomi

Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawabansingkat
2×45
Menit

2×45
Menit
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras , kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunika tif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
4.2 Mendeskrip sikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi 3. Maslah-masalah yang dihadapi pemerintah dalam bidang ekonomi Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mengindentifikasi masalah-masalahyang dihadapi pe merintah di bidang ekonomi ( kemiski nan, pemerataan pendapatan )
• Siswa mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi peme rintah di bidang ekonomi.
• Siswa memberi contoh masalah- masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)

Tugas Mandiri Tidak Berstruktur (KMTT)
Membuat analisa tentang masalah-masalah ekonomi yang dihadapi pemerintah di Pesisir Pangandaran
1. Mengindentifikasi
masalah-masalah
yang dihadapi pe
merintah di bidang
ekonomi ( kemiski
nan, pemerataan pen
dapatan ) .
2. Mencari pemecahan
masalah-masalah
yang dihadapi peme
rintah di bidang
ekonomi.
3. Memberi contoh
masalah- masalah
yang dihadapi
pemerintah di
bidang ekonomi Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit

2×45
Menit

• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.

Nama Sekolah : SMAN I Pangandaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : I / Inti
Semester : 2
Alokasi waktu : 10 x 45 menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto ( PDB ), Produk Domestik Regional Bruto ( PDRB ), Pendapatan Nasional Bruto (PNB ), Pendapatan Nasional ( PN )

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alok
Waktu Sumber/Bahan/Alat KARAKTER BANGSA

5.1 Menjelaskan
Konsep PDB
PDRB, PNB, PN.
1. Konsep Pendapatan Nasional:
2. Metode penghitungan pendapatan nasional Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mengindentifikasi konsep PDB, PNB, PNN, PI, DI (disposible income)
• Guru memanipulasi penghitungan konsep PDB, PNB, PNN, PI, DI (disposible income )
• Siswa mendemonstrasi kan penghitungan pedapatan perkapita

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur (PT)
Jelaskan tentang konsep penghitungan pendapatan nasional
• Mendskripsikan konsep PDB,PNB,PNN,PI,Pendapatan Disposible (Disposible Income)

• Menghitung Pendapatan Perkapita Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras , kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunika tif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
5.2 Menjelaskan manfa’at perhitungan pendapa tan nasional.
3. Manfaat perhitung an pendapatan nasional.
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang di
3. sediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
4. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
5. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mengemukakani manfaat perhi tungan pendpatan nasional.
• Guru menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapa tan, dan penge luaran.
• Siswa mengemukakakn metode perhitu ngan penda patan nasional dengan pende katan poduksi, pendapatan, dan pengeluaran

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
• Mendeskripsikan Manfa’at perhitungan pendapatan nasional
• Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.

5.3 Membanding kan PDB, dan panda patan perkapita Indonesia dengan Negara Lainnya.
4. Perbandingan Pendapatan Nasional suatu Negara Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru membandingkan PDB dan Pendap atan perkapita Indonesia dengan Negara la innya.
• Guru mengukurdistribusi pendapatan dengan menggunakan koefisien
• Siswa mengukurdistribusi pendapatan dengan menggunakan koefisien

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur (PT)
Jelaskan Bagaimana cara menghitung income percapita • Membedakan metode penghitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan, produksi dan pengeluaran
• Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara Lain. Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.

5.4 Mendeskrip sikan indeks harga dan inflasi
5. Inflasi dan Indeks Harga Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mendeskripsikan pengertian inflasi
• Guru mengindentifikasi sebab-sebab terjadinya inflasi dan cara mengatasinya
• Siswa memberei contoh sebab-sebab terjadinya inflasi dan cara mengatasinya

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur (PT)
Jelaskan pengaruh inflasi terhadap pedagang eceran.

Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mendeskripsikan indek harga konsumen dan produsen.
• Siswa menghitung inflasi dengan indek harga produsen dan konsumen.
• Siswa mengumpulkan in formasi terhadap pegawai negeri dan swasta untuk mengetahui dampak inflasi

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)

Tugas Mandiri Tidak
Berstruktur ( KMTT)
Membuat klipeng tentang indek harga . • Mendeskrifsikan pengertian Inflasi
• Mengindentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya
• Mendeskrifsikan Indeks Harga konsumen dan produsen

• Mendeskripsikan Indeks Harga konsumen dan produsen
Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.

SELABUS
Nama Sekolah : SMAN I Pangandaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : I / Inti
Semester : 2
Alokasi waktu : 10 x 45 menit
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alok
Waktu Sumber/Bahan/Alat KARAKTER BANGSA

6.1 Mendeskripsi kan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan 1. Fungsi konsumsi dan Fungsi tabungan
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi dan tabungan

Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru menggunakan fungsi konsumsi, dan cara menggambarkannya
• Guru menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya
• Siswa memberikan contoh fungsi konsumsi, dan cara menggambarkannya

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur (PT )
Menghitung fungsi konsumsi : C= 1000 + 0,6 Y, bila tabungan 5000 tentukan besarnya konsumsi • Menggunakan fungsi konsumsi, dan cara menggambarkannya
• Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya
• Memberikan contoh
fungsi konsumsi, dan cara menggambarkannya

Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras , kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunika tif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
6.2 Mendeskripsi kan kurva permintaan invest tasi.
Kurva permintaan investasi. Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
• Guru mendeskrifsikan fungsi investasi dengan menggunakan kurva permintaan investasi.
• Siswa menghitung fungsi investasi dengan menggunakan kurva permintaan investasi.
• Siswa memberi contoh menghitung fungsi investasi dengan menggunakan kurva permintaan investasi.

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Tugas Mandiri Tidak Berstruktur ( KMTT)
Kerjakan Latihan Evaluasi tentang permintaan investasi
• Mendeskrifsikan fungsi investasi dengan menggunakan kurva permintaan investasi.
• Menghitung fungsi investasi dengan menggunakan kurva permintaan investasi.
• Memberi contoh menghitung fungsi investasi dengan menggunakan kurva permintaan investasi.
Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.

SELABUS
Nama Sekolah : SMAN I Pangandaran
Mata pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : X / Inti
Semester : 2
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami Uang Dan Perbankan
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alok
Waktu Sumber/Bahan/Alat Karakter bangsa

7.1 Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang.
1. Definisi dan jenis-jenis uang.
2. Fungsi uang:
a. Fungsi primer/asli.
b. Fungsi sekun der/turunan.
3. Teori nilai uang
4. Permintaan dan Penawaran Uang Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
 Guru menjelaskan pengertian dan sejarah uang
 Guru menerangkan sistem barter dan jenis-jenis uang
• Siswa memberi contoh-contoh mata uang asing

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Tugas Mandiri Tidak Berstruktur ( KMTT)
Mengumpulkan jenis-jenis uang
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)

Kegiatan Inti
o Guru menerangkan nilai intrinsik dan nominal uang
o Guru enerangkan fungsi asli uang
o Siswa memberi contoh fungsi turunan uang

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)
Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan teori nilai barang
• Guru menerangkan Teori nilai nominalis
• Siswa menerangkan teori nilai internal dengan menggunakan fungsi – fungsi ekonomi

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur (PT)
Jelaskan tentang teori nilai uang logam
Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)
Kegiatan Inti
• Guru Mendeskripsikan pengertian permintaan uang
• Guru Mendeskripsikan pengertian penawaran uang.
• Siswa Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang

Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur (PT)
Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan 1. Menjelaskan pengertian dan sejarah uang
2. Menerangkan sistem barter dan jenis-jenis uang
3. Memberi contoh-contoh mata uang asing.

. Menerangkan nilai intrinsik dan nominal uang
2. Menerangkan fungsi asli uang
3. Memberi contoh fungsi turunan uang

. Menjelaskan teori nilai barang
2. Menerangkan Teori nilai nominalis
3. Menerangkan teori nilai internal dengan menggunakan fungsi – fungsi ekonomi

1. Mendeskripsikan pengertian permintaan uang
2. Mendeskripsikan pengertian penawaran uang.
3. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan

Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit

2×45
Menit

2×45
Menit

2×45
Menit

• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras , kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunika tif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
7.2 Membedakan peran bank umum dan bank sentral.
5. Peran bank umum dan bank sentral :
a. Sejarah,definisi, fungsi bank
b. Jenis-jenis bank dan produk penbankan
c. Produk-produk Perbankan

Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)
Kegiatan Inti
• Guru menguraikan fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah, dan bank perkreditan rakyat.
• Guru mengindentifikasi cara-cara meman fa’atkan produk bank dalam kehidu pan sehari-hari.
• Siswa mendeskripsikan konsep kredit.
• Siswa menguraikan per syaratan yang harus di miliki calon penerima kredit ( 5C ).
Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Penugasan Berstruktur (PT)
Jelaskan tentang fungsi bank umum • Menguraikan fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah, dan bank perkreditan rakyat.
• Mengindentifikasi cara-cara meman fa’atkan produk bank dalam kehidu pan sehari-hari.
• Mendeskripsikan konsep kredit.
• Menguraikan per syaratan yang harus di miliki calon penerima kredit ( 5C ).

Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.

7.3 Mendeskrip sikan kebijakan pemerintah di bidang moneter 6. Kebijakan Pemerintah dibidang Moneter Pendahuluan(Pembukaan)
1. Siswa memberi salam kepada Ibu/Bapak Guru (Aplikasi dari nilai “saling menghormati”)
2. Sisaw berdo’a dengan teks do’a yang disediakan oleh sekolah (Aplikasi dari nilai “Religius”)
3. Guru dan siswa memperhatikan kebersihan lingkungan kelas dan proses pembelajaran akan dimulai jika keadaan lingkungan kelas sudah bersih ( Aplikasi dari nilai “ Peduli Lingkungan”)
4. Guru melakukan presensi terhadap siswa jika ada siswa yang terlambat lebih dari sepuluh menit , siswa tersebut diberi sanksi berupa tugas tambahan yang harus dikerjakan di rumah (Aplikasi dari nilai “ Disiplin”)
Kegiatan Inti
• Guru menentukan pengaruh jumlah uang yang beredar di mayarakat
• Guru mendeskripsikan kebijakan moneter yang dilakukan oleh bank sentral
• Siswa mengemukakan tujuan kebijakan moneter oleh pemerintah
Kegiatan Akhir ( Penutup)
1. Guru memberi tugas pada siswa mencari sumber belajar untuk materi pertemuan yang akan datang (Aplikasi dari nilai “Rasa ingin Tahu dan Gemar Membaca”)
2. Siswa berdo’a untuk mengakhiri proses belajar mengajar (Aplikasi dari nilai “Religius”)
Tugas Kelompok Tidak Berstruktur ( TKTB )
Menyususn piper tentang kebijakan pemerintah dibidang moneter dalam menghadapi krisis ekonomi 1. Menentukan pengaruh jumlah uang yang beredar di mayarakat
2. Mendeskripsikan kebijakan moneter yang dilakukan oleh bank sentral
3. Mengemukakan tujuan kebijakan moneter oleh pemerintah
Jenis tagihan:
– tugas individu

Teknik penilaian :
– Tes tertulis

Bentuk Instrumen:
– pilihan ganda,
– Jawaban singkat
2×45
Menit
• Buku paket ekonomi SMA kelas X, Dep. P & K
• Buku Ekonomi kelas X, Ritonga CS. PT. Phibeta Aneka Gama, Jakarta
• Buku Ekonomi kelas X, Eeng Ahman, Grafindo Media Pratama, Bandung
• LKS Ekonomi kelas X, Alex Spd, Cs
• Buku lainnya yang relevan.

Sumber bahan :
1. Boediono, (1990), Ekonomi mikro, Yogyakarta: BPFE.
2. Hajam Adnan, (1984). Pengantar Ekonomi mikro dan soal-soal latihan , Yogyakarta : BPFE.
3. Samuelson, Paul A. & Nordhaus, Wiliam D. (1985), Economies, New York: MeGraw-Hill Book Company.
4. Sudarman, Ari, (1996), Teori ekonomi mikro, Jiid 1, Yogyakar ta: BPFE.
5. Ace Partadiredja, (1985), Pengenar ekonomika. Yogyakarta : BPDE.
6. Danoewikarsa D, (1977), Tanya jawab tentang koperasi , Jakar ta : Dep. Koperasi.
7. Dornbusch, R. and Fischer, S, (1992), Macroeconomics. (terje mahan), Jakarta Erlangga.
8. Dumairy, (1996), matematika terapan untuk bisnis dan ekonomi: Yogyakarta : BPFE.
9. Irawan dan Soeparmoko, M, (1981), Ekonomi pembangunan , BPFE.
10. Lender, Peter H and Kindleberger, Charles P, (1986) Internati onal economies, (terjemahan), Jakarta: Erlangga. Yogyakarta : BPFE.
11. Naisbitt, John (1994). Global Paradox ( alih bahasa: Budiyanto) Jakarta : Binarupa Aksara.
12. Nopirin, (1999), Ekonomi International :Yogyakarta BPFE.
13. Soediyono, R, (1987), Ekonomi International : Pengatur lalulintas pe mbayaran international. Yogyakarta : Liberty.
14. Sukirno, Sadono, (1985), Ekonomi Pembangunan : Proses, masalah, dan dasar kebijakan , Jakarta : Lembaga penerbit Fakultas Eko nomi Universitas Indonesia.
15. Bank Indonesia, sebuah pengantar , Pusat Pendidikan dan Studi ke banksentralan, Agustus 2004.
16. Undang-undang RI nomor 23 tahun 1999 tentang BI sebagaima na telah diubah dengan UU RI nomor 3 tahun 2004.

Pangandaran, Juni 2011.
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Ekonomi,
Kepala SMAN I Pangandaran,

Drs. H. IHO YULIAWANTO Drs. TONI IRIANTO
NIP.195309031979031004 NIP. 196307101987031011

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s