PTK Pembelajaran STAD

KELANGKAAN SUMBER DAYA MANUSIA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN  KERJA KELOMPOK/STUDENT TEAMS –ACHEAVMENT DIVISIONS                 ( STAD )  SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA UNTUK MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I PANGANDARAN.

 

 

 

 

 

Oleh :

Nama                   : Drs. Toni Irianto

                                      Nip. Lama : 131671959

                                      Nip. Baru   : 19630710 198703 1 011

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS

SMA NEGERI I PANGANDARAN

DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS

PROVINSI JAWA BARAT – 46186

2006/007

 

 

 

HALAMAN PERSETUJUAN

 

 

Yangbertanda tangan dibawah ini menyatakan bahwa proposal Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang berjudul :

 

Penerapan model pembelajaran dengan kerja kelompok/Student Teams-Acheavment Division (STAD) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran ekonomi di kelas X SMAN.I Pangandaran

 

Disusun oleh :

 

Nama                   : Drs. Toni Irianto

                                      Nip. Baru   : 19630710 198703 1 011

 

Di setujui pelaksanaannya sesuai dengan prosedur yang berlaku.

 

 

 

 

Pangandaran,   Oktober 2006

 

Kepala SMAN I Pangandaran

Koordinator,

 

 

 

 

 

Drs. H. Iho Yuliawanto –                                                           Nip. 130703118

 

 

 

 

UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS

SMA NEGERI I PANGANDARAN

DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS

PROVINSI JAWA BARAT – 46186

2006/007

 

 

 

 

HALAMAN PENGESAHAN

Judul Makalah Penerapan model pembelajaran dengan kerja kelompok tipe Student Teams-Acheavment Division (STAD) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran ekonomi di kelas X SMAN.I Pangandaran
Penyusun

 

Drs. Toni Irianto
Pangkat/Golongan/Ruang

 

Pembina /IV-a
NIP

 

131671959
Sekolah

 

SMA
UPTD Pendidikan SMAN I Pangandaran Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Ciamis- Propinsi. Jawa Barat

                                                     Pangandaran,   Oktober   2006

 

Kepala SMAN.I Pangandaran                              Penyusun,

Koordinator

 

 

Drs. H. Iho Yuliawanto –                              – Drs. Toni Irianto

Nip. 131671959                                                Nip. 130703118  

 

 

 

 

 

i

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

                                                                                                        Halaman

HALAMAN JUDUL      …………………………………………      i

LEBARPERSETUJUAN…………………………………………     ii LEMBAR PENGESAHAN ………………………………………  iii

KATA PENGANTAR ……………………………………………     iv

DAFTAR ISI ………………………………………………………    v

ABSTRAK ……………………………………………………….      Vi

 

BAB I   PENDAHULUAN

1.1.     Latar belakang masalah  ……………………………..  1

1.2.     Perumusan  masalah …………………………………   3

1.3.     Cara pemecahan masalah ……………………………   3

1.4.     Tujuan penelitian …………………………………….   3

1.5.     Manfa’at penelitian …………………………………..  4

BAB II  TINJAUAN TEORITIS

1.1.         Kelangkaan ( scarcity ) ………………………………  5

1.2.         Contectual  Teaching  and Learning  ( CTL )………..  6

1.3.         Motivasi belajar ……………………………………… 8

1.4.         Hipotesis penelitian ………………………………….. 8

1.5.         Evaluasi Tindakan …………………………………… 8

1.6.         Refleksi……………………………………………….. 9

BAB III METODE PENELITIAN

3.1.     Rancangan Penelitian ………………………………… 10

3.2.     Waktu dan Tempat Penelitian ……………………….. 13

3.3.      Faktor yang diselidiki ………………………………..  13

3.4.      Metode Pengambilan Data ……………………………          13

3.5.      Indikator Kinerja ………………………………………          14

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1. Hasil Penelitian ……………………………………….. 15

4.2. Pembahasan . …………………………………………..          22

BAB V. KESIMPULAN DAN  SARAN-SARAN

5.1. Kesimpulan  …………………………………………… 26

5.2. Saran-saran ……………………………………………. 27

Lampiran-lampiran:

Iv

 

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Drs. Toni Irianto, Model pembelajaran dengan kerja kelompok tipe Student Teams Acheavment Divisions ( STAD ) , merupakan pendekatan pembelajaran peserta didik pada masalah autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :

1)  Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan kerja kelompok tipe STAD.

2)  Keefektifan model pembelajaran berdasarkankerja kelompok  dalam mengajarkan materi ajar tentang kelangkaan ( scarcity ),

Dalam kegiatan belajaran mengajar dengan metode STAD ini di tunjang oleh alat bantu berupa Lembar Kerja Siswa ( LKS ).

Penelitian ini merupakan penelitian experimen semu yang diawali dengan pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran kerja kelompok dengan alat bantu LKS sebagai pemecahan suatu masalah dalam pembelajaran . Populasi penelitian adalah kelas X  SMA Negeri I Pangadaran Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2006/2007.

Sampel yang dipilih yaitu  kelas X.5 yang berjumlah 40 orang yang terdiri dari : perempuan 26  orang dan laki-laki 14 orang , untuk dijadikan kelas uji coba, kelas experimen, dan kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model STAD adalah lebih baik dari pada hasil belajar yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci : Pembelajaran berdasrkan kerja kelompok tipe STAD , pembelajaran konvensional, masalah outentik, perangkat pembelajaran / LKS , keefektifan pembelajaran, motivasi, buku sumber. prestasi belajar.

 

vi

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1            Latar belakang masalah

Ekonomi merupakan salah satu dari cabang ilmu sosial merupakan  mata pelajaran yang diberikan pada program pndidikan akademis pelajaran mayor di SMA., untuk mengantisipasi para siswa agar tidak bosan atau jenuh didalam mempelajari ilmu ini maka harus  ditunjang oleh muatan kurikulum yang relevan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang bergerak cepat dan komplek, juga  sangatlah penting ditopang propesonal dan kemampuan guru dalam pengelolaan dan penerapan metode pembelajaran ekonomi didalam maupun diluar kelas . Bertitik tolak dari uraian diatas dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran ekonomi perlu pengubahan para digma lama bahwa guru dalam mengelola kegiatan mengajar menggunakan hal yang tidak berorientasi pada “ Bagaimana saya belajar ( Teacher centerend ) tetapi lebih kepada bagimana saya membelajarkan siswa ( Depdiknas SN. 43-44)”. Untuk mengantisipasi perubahan paradigma tersebut sangat didukung oleh kurikulum. Dimana proses belajar mengajar bukan untuk mengejar target kurikulum semata tetapi lebih kepada melaksanakan kompetensi apa yang diperoleh peserta didik.

Salah satu bentuk pendekatan dalam kurikulum adalah kontektual teaching  and learning ( CTL ) Bleachard 2001 dalam depdiknas SN . 38 menjelaskan pembelajaran dan pengajaran contectual merupakan suatu konsepsi yang membantu mengaitkan isi materi pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa membuat hubungan antar pengajaran dan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, tenaga kerja “.

Perangkat pemebelajaran kontektual kini telah diselaraskan dengan

1

2

 

kurikulum berbasis kompetensi ( KBK ) yang dapat memberikan

kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya sesuai dengan keahlian anak itu.

 

Pengalaman dalam proses pembelajaran ekonomi khususnya materi tentang kelangkaan ( Scarcity ) dengan metode ceramah dan diskusi tanpa gambar makhluk hidup ( Media pembelajaran )

Siswa kurang termotivasi dan suasana belajar kurang menggairahkan serta tidak cukup efektip dalam memanfaatkan buku sumber yang ada .

 

Berdasarkan berbagai pemikiran diatas dan pengalaman menjalankan tugas mendorong penulis untuk membuat sedikit perubahan mengenai strategi pembelajaran dan ingin melakukan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan judul :

 

“ Penerapan  model pembelajaran kerja kelompok tipe STAD dengan lembar kerja siswa. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas  X di SMA Negeri I Pangandaran tahun ajaran 2006/2007 ”.

 

1.2            Rumusan masalah

Berdasarkan latar belakang masalah  diatas maka permasalahan yang timbul adalah    sebagai berikut :

1)    Motivasi belajar siswa dalam mempelajari materi ajar  kelangkaan ( scarcity )

2)    Kemampuan/prestasi anak mengenal kelangkaan ( scarcity ).

 

 

3

 

 

1.3            Cara pemecahan masalah .

 

Dari permasalahan-permasalahan yang muncul tersebut penulis mencoba melaksanakan dengan pendekatan model pembelajaran kerja kelompok  tipe STAD dengan lembar kerja siswa

Dan didalamnya diajukan beberapa pertanyaan .

 

1.4            Tujuan penelitian

 

1)    Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X semester 1 dengan materi ajar kelangkaan ( scarcity ) melalui pendekatan model pembelajaran kerja kelompok  tipe STAD dan LKS.

 

2)    Mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa sehingga dapat dicari solusinya .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

1.5            Manfa’at penelitian

1)    Bagi siswa

Meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada konsep /materi ajar kelangkaan ( scarcity ), Demikian pula dengan konsep-konsep berikutnya

 

2)    Bagi guru

  1. Sebagai bahan acuan  untuk mengintropeksi diri agar lebih baik dalam meningkatkan propesionalisme untuk melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar ( KBM ).
  2. Sebagai bahan acuan bagi guru untuk dapat memilih metode pembelajaran bagi siswa yang lebih tepat .

 

3)    Bagi sekolah

Hasil penelitian nanti akan memberikan sumbangan yang berharga bagi sekolah itu sendiri dalam rangka perbaikan pembelajaran pada khususnya dan sekolah lainnya pada umumnya.

 

 

-0-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Taut | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s